Kamis, 20 November 2008

Tugas E-Technology



BAB I
PENGANTAR

Definisi E-payment

E-payment adalah suatu sistem yang mengotomatisasikan beberapa sub-sistem dimana pembayaran yang meliputi cicilan rumah, kartu kredit, berbagai pinjaman nasabah yang memudahkan transaksi pembayaran secara online dimana internet merupakan salah satu interface media pembayaran.
Layanan e-payment akan menjadi kebutuhan masyarakat dalam menunjang aktifitas bisnis maupun kegiatan seharihari.
Layanan e-payment menawarkan kemudahan yang tidak dimiliki oleh sistem pembayaran tradisional. E-payment
memungkinkan transaksi dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, dengan siapa saja dan dengan nilai berapa saja.

Tujuan E-payment

E-payment bertujuan untuk memudahkan pelanggan atau customer untuk melakukan pembayaran sehingga waktu yang diperlukan menjadi lebih efisien dan efektif.

Visi E-payment

Trend ke depan, layanan e-payment akan tumbuh pesat dan menjadi sistem pembayaran utama oleh masyarakat. Hal ini karena adanya trend jaringan telekomunikasi yang broadband dan adanya kebutuhan bisnis yang membutuhkan serta sistem pembayaran cepat dan mudah.
Mengupayakan kemudahan dan fleksibilitas dalam segala jenis transaksi pembayaran secara online sehingga pelanggan atau customer tidak perlu lagi memakai jalur proses pembayaran yang secara manual yang dapat memakan waktu lebih lambat dibandingkan dengan pembayaran secara online.

BAB II
PENELITIAN TERKAIT

E-GOLD

E-Gold merupakan uang internet (internet money) yang paling populer setelah Paypal dan diawasi oleh badan keuangan di Amerika & Inggris dan juga didukung oleh Bank-Bank besar dunia di dalam penarikan atau pencairan dana.

E-Gold sendiri merupakan salah satu mata uang internet yang nilainya berdasarkan nilai harga emas murni di pasaran dunia, oleh karena itu mata uang ini nilainya bisa berubah-ubah (fluktuasi) mengikuti harga emas dunia. Sejak tahun 2004 hingga 2006 harga emas sendiri telah mengalami lonjakan hingga di atas 50% sehingga apabila kita menyimpan uang kita di E-Gold, jelas sangat menguntungkan dibandingkan menaruh uang di Bank yang saat ini mendapatkan bunga satu digit dalam setahun. Jadi E-Gold sendiri bisa dijadikan investasi jangka menegah hingga jangka panjang. Awal tahun 2007 saja harga emas sudah naik lebih dari 5% dalam jangka waktu 1.5 bulan.

Selain itu E-Gold itu nilai mata uangnya mengikuti pengerakan nilai mata uang US Dollar juga. Kita bisa membeli E-Gold dalam Rupiah ketika harganya murah atau US Dollar lagi turun, bila kita mencairkannya tunggu harga US Dollar lagi tinggi. Jadi intinya semakin tinggi nilai tukar mata US Dollar terhadap Rupiah, kita akan semakin untung, karena semua Changer E-Gold rate Jual-Beli mereka juga selalu mengikuti nilai tukar dari US Dollar terhadap Rupiah seperti layaknya Bank. Anda bisa menjual E-Gold dengan rate lebih tinggi kepada pembeli yang anda kenal secara langsung, ini akan jauh lebih menguntungkan.





Kesimpulannya kalau anda menyimpan uang di E-Gold hampir sama dengan menyimpan uang dalam bentuk US Dollar dan jauh lebih menguntungkan dari pada di Bank manapun di dunia dalam jangka menegah hingga panjang karena nilainya juga berdasarkan harga emas murni yang cenderung akan naik terus karena emas merupakan logam yang langka yang banyak orang menyimpannya juga.

Buat Account E-Gold dahulu kalau anda masih belum punya di sini.

Kalau anda ingin membeli atau menjual E-Gold, bisa melalui:

Indo Changer

Kami menyarankan Indo Changer karena E-Gold Changer ini merupakan yang paling senior di antara E-Gold Changer lainnya. Berdiri sejak tahun 2002 dan telah memiliki banyak pelanggan tetap Selain itu stok Rupiah dan E-Gold-nya cukup memadai.

PAYPAL

PayPal dapat digunakan sebagai media pengiriman uang dari dan ke berbagai negara di dunia yang sudah termasuk dalam daftar PayPal. PayPal menggunakan teknologi elektronik secara online dan realtime yang dapat menjangkau berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Jutaan orang setiap harinya menggunakan PayPal sebagai jasa pengiriman atau transfer uang karena aman, mudah, cepat, dan terpercaya. Satu hal yang paling penting adalah tanpa biaya pengiriman.






Kirim Uang Menggunakan PayPal
Langkah-langkah mengirim uang dengan menggunakan PayPal adalah sebagai berikut:

ØSilahkan konfirmasi alamat email pihak penerima.
ØLogin ke akun PayPal dan pastikan bahwa dana kita mencukupi.
ØTekan menu “Send Money” pada halaman tinjauan akun dan pilih sub-menu yang sesuai.
ØMasukkan alamat email pihak penerima, atau pilih dari daftar alamat yang telah tercatat sebelumnya.
ØMasukkan jumlah uang yang ingin dikirimkan dan pilih mata uang yang diinginkan.
Pilih jenis pembayaran.
ØTekan tombol “Continue” dan silakan melihat detail pembayaran pada halaman berikut.
ØPilih metode pembayaran lainnya dengan menekan tautan “Funding Options”. Jika dana yang tersedia pada akun PayPal tidak mencukupi dan telah menambhakan US Bank, kita dapat mengirim uang dari US Bank dalam bentuk e-check, kartu kredit, atau kartu debit.
ØTekan tombol “Continue” dan silakan tambahkan pesan untuk penerima.
lengkapi pembayaran dengan menekan tombol “Send Payment”.
eriksa email untuk pesan konfirmasi bahwa pembayaran telah terkirim.

Catatan
Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

Untuk mengirim e-check dari akun US Bank Anda, akun PayPal Anda perlu diverifikasi.
Pembayaran kartu kredit atau debit untuk uang tunai mungkin akan terkena biaya oleh pihak bank.
PayPal tidak akan membagikan informasi bank Anda kepada pihak penerima.


Fokus Tugas

Yang membedakan penelitian yang terkait di atas dengan e-payment yang kami buat adalah selain dari media internet, pembayaran juga dapat dilakukan melalui mobile payment yaitu segala jenis pembayaran melalui handphone. Melalui handphone kita dapat mengakses secara mudah jenis tagihan yang dibayar. Terdapat menu-menu yang dapat dipilih dari Ponsel pelanggan sehingga mengefisiensi waktu dari kedua media tersebut yang memudahkan pelanggan (customer).


BAB III.
KETERSEDIAAN TEKNOLOGI

Teknologi Saat Ini
-Internet
-Via E-mail
-Via SMS

Ketersediaan Perangkat
Perangkat CPE berupa paket yang terdiri dari antena, wireless, UTP cable, dan connector yang berfungsi sebagai router OS (Operating System) untuk mengatur jalur bandwith yang memiliki kemampuan lebih maksimal dalam hal jaringan internet.

Ketersediaan Info Pendukung
Bayar Bensin? Sentuhkan E-Payment Gaz Card
Dadan Kuswaraharja - detikinet


Jakarta - Kini ada cara baru membayar bensin di SPBU untuk kendaraan anda. Bank Mandiri bekerja sama dengan PT Pertamina meluncurkan kartu pra bayar BBM pertama di Indonesia.

Cara penggunaan kartu yang disebut E-Payment Gaz Card ini tinggal disentuhkan ke pembaca data elektronik (Electronic Data Capture/EDC) yang ada di SPBU. Dalam 3 detik transaksi selesai.

Dengan menggunakan kartu ini, transaksi pembelian BBM diyakini lebih cepat dan praktis karena transaksi dilakukan dengan mengurangi nilai uang pada kartu.

Pelanggan BBM dapat memilih kartu dengan nilai maksimum sebesar Rp 1 juta pada kartu. Namun untuk edisi perdana dijual dengan denominasi Rp 100.000 dan Rp 200.000. Gaz Card dapat diisi ulang melalui EDC Bank Mandiri dengan kartu debit Mandiri. Isi ulang juga bisa lewat ATM, sms atau internet banking.

"E-Payment Gaz Card ini adalah terobosan pertama dalam transaksi pembelian BBM di Indonesia, dengan terpilihnya Bank Mandiri sebagai salah satu mitra Pertamina, membuktikan kepercayaan Pertamina pada Bank Mandiri," ujar Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri Budi G Sadikin dalam siaran persnya, Selasa (21/8/2007).

Gaz Card dapat dinikmati pelanggan SPBU di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Yogyakarta, Pekanbaru secara bertahap mulai Oktober 2007 sampai Desember 2007.

Sosialisasi penggunaan kartu elektronik ini sudah dimulai di 20 SPBU Pertamina Pasti Pas! di Jabotabek sejak tanggal 16 Oktober lalu.

Sumber: http://www.kapanlagi.com/h/0000204814.html


BAB IV
APLIKASI YANG TERSEDIA

E-payment" Mudahkan Bayar Tol

Jakarta, Kompas - Kartu tol elektronik atau electronic toll collection sudah waktunya diberlakukan di jalan tol di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Para operator jalan tol sebaiknya membentuk konsorsium untuk menerbitkan kartu elektronik pembayaran tol tersebut.

"E-payment akan memudahkan pengguna jalan tol melakukan pembayaran. Dengan e-payment tol, antrean kendaraan di gerbang tol akan jauh berkurang. Pelayanan tol akan membaik dan keuangan lebih mudah dikontrol," kata Presiden Direktur PT Artajasa Arya Damar kepada Kompas di ruang kerjanya di Jakarta, Rabu (16/1). PT Artajasa adalah perusahaan penyedia beragam produk dan jasa transaksi elektronik sejak 7 tahun lalu.

Menurut Arya, sistem ini sederhana dan tidak ruwet. Persoalannya, saat ini e-payment belum dipahami secara mendalam oleh banyak operator tol. "Kartu langganan yang selama ini digunakan diganti dengan kartu elektronik dengan cip sebagai alat pembayaran tol," katanya.

Electronic toll collection atau ETC akan mempercepat waktu transaksi, mengurangi jumlah uang tunai dan uang palsu, meningkatkan tingkat akurasi transaksi dan efisiensi di gerbang tol, serta mengurangi dampak pencemaran ekologi.

Arya memberi contoh, PT PLN Jawa Barat kini memberlakukan kartu prabayar listrik dengan segmen pasar rumah kos dan apartemen di Bandung. "PLN saja dapat mengeluarkan kartu prabayar, masak operator jalan tol tidak bisa?" ungkapnya. Contoh kartu prabayar lainnya dikeluarkan Timezone.

Menurut Arya, para operator tol sebaiknya membentuk konsorsium yang menerbitkan kartu tol elektronik. Untuk tahap pertama, kartu tol elektronik digunakan untuk pembayaran tol dan pembelian di jalur tol seperti SPBU dan tempat makan. Setelah itu, dapat dikembangkan menjadi kartu pembayaran jasa KA/KRL, rumah sakit, parkir, dan lainnya.

"Bisnis ini harus digarap konsorsium operator tol sendiri, bukan bank. Ini bisa menjadi bisnis tersendiri bagi konsorsium penerbit kartu tol elektronik," kata Arya Damar.

Presiden Direktur PT Lintasarta Yoyo W Basuki menambahkan, jika sudah berjalan, sistem ini akan mudah terkoneksi dengan jaringan ATM 70 bank yang dikelola Lintasarta. "Kartu prabayar dapat dibayar melalui ATM 70 bank, juga dapat dibeli di mana saja, seperti Carrefour, Indomaret, Alfamart, atau penjual voucher di tepi jalan," kata Yoyo.


BAB V
INFORMASI SECARA GLOBAL

Bayar Bensin? Sentuhkan E-Payment Gaz Card
Dadan Kuswaraharja - detikinet


Jakarta - Kini ada cara baru membayar bensin di SPBU untuk kendaraan anda. Bank Mandiri bekerja sama dengan PT Pertamina meluncurkan kartu pra bayar BBM pertama di Indonesia.

Cara penggunaan kartu yang disebut E-Payment Gaz Card ini tinggal disentuhkan ke pembaca data elektronik (Electronic Data Capture/EDC) yang ada di SPBU. Dalam 3 detik transaksi selesai.

Dengan menggunakan kartu ini, transaksi pembelian BBM diyakini lebih cepat dan praktis karena transaksi dilakukan dengan mengurangi nilai uang pada kartu.

Pelanggan BBM dapat memilih kartu dengan nilai maksimum sebesar Rp 1 juta pada kartu. Namun untuk edisi perdana dijual dengan denominasi Rp 100.000 dan Rp 200.000. Gaz Card dapat diisi ulang melalui EDC Bank Mandiri dengan kartu debit Mandiri. Isi ulang juga bisa lewat ATM, sms atau internet banking.

"E-Payment Gaz Card ini adalah terobosan pertama dalam transaksi pembelian BBM di Indonesia, dengan terpilihnya Bank Mandiri sebagai salah satu mitra Pertamina, membuktikan kepercayaan Pertamina pada Bank Mandiri," ujar Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri Budi G Sadikin dalam siaran persnya, Selasa (21/8/2007).

Gaz Card dapat dinikmati pelanggan SPBU di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Yogyakarta, Pekanbaru secara bertahap mulai Oktober 2007 sampai Desember 2007.

Sosialisasi penggunaan kartu elektronik ini sudah dimulai di 20 SPBU Pertamina Pasti Pas! di Jabotabek sejak tanggal 16 Oktober lalu.

Tidak ada komentar: